ANALISIS PENGARUH ENTREPRENEURIAL MOTIVATION TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI SEORANG WIRAUSAHA

Authors

  • Fransisca Desiana Pranatasari universitas sanata dharma

DOI:

https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i1.138

Keywords:

wirausaha, entrepreneurship, entrepreneurial motivation

Abstract

Sejak akhir tahun 2015, negara Indonesia telah menyatakan diri untuk aktif dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Keputusan ini memicu perubahan-perubahan yang ada dalam masyarakat kita. Namun, siapkah kita dengan perubahan tersebut? Dalam rangka peran aktif dalam MEA ini, Dinas Perindustrian dan Perdaganan mulai konsentrasi membangun bibit-bibit wirausaha-wirausaha yang aktif dalam perekonomian bangsa. Disperindag, instansi pendidikan, LSM, dan banyak instansi lainya fokus pada pemberian dukungan dalam bentuk pelatihan untuk membangun sikap entrepreneurial motivation menjadi wirausaha. Dalam penelitian kali ini peneliti ingin melihat apakah faktor penentu entrepreneurial motivation berpengaruh terhadap keputusan seseorang menjadi wirausaha? Tujuan penelitian ini adalah untuk pertimbangan instansi-instansi dalam proses pelatihan berikutnya untuk menumbuhkan semangat menjadi wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuisioner dan metode regresi berganda sebagai alat analisisnya. Metode pengumpulan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling kepada 50 CEO start up business. Hasil dari penelitian ini adalah faktor penentu entrepreneurial motivation berpengaruh terhadap keputusan seseorang menjadi wirausaha.

References

Susanto, A.B. et al.(2008). The Jakarta Consulting Group on Family Business. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.

Peluang dan Tantangan Indonesia pada ASEAN Economic Community 2015. (2014). Jakarta: Kementrian Sekretariat Negara RI. http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=7911 yang diakses 23 Januari 2015.

Industri Nasional Jelang AEC 2015. (2013). Jakarta: Majalah Industri.

Liliyah, Arie. (2015) Jumlah Wirausaha Indonesia Hanya 0,43% dari Total Populasi. www.swa.co.id diakses tanggal 01 Januari 2016.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Eijdenberg, Emiel L, Leonard J Paas dan Enno Masurel. (2015). Entrepreneurial motivation and small business growth in Rwanda. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies. Vol. 7 Iss 3 pp. 212 – 240

Raposo, Mário, Arminda do Paço dan João Ferreira. (2008). Entrepreneur's profile: a taxonomy of attribu tes and motivations of university students. Journal of Small Business and Enterprise Development. Vol. 15 Iss 2 pp. 405 – 418

Segal, Gerry Dan Borgia dan Jerry Schoenfeld. (2005). The motivation to become an entrepreneur". International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research. Vol. 11 Iss 1 pp. 42 - 57

Singh, Satwinder, Ruth Simpson, dan Chima Mordi Chinonye Okafor. (2011). Motivation to become an entrepreneur: a study of Nigerian women's decisions. African Journal of Economic and Management Studies. Vol. 2 Iss 2 pp. 202 – 219

Chu, Hung M., Orhan Kara, Xiaowei Zhu, dan Kubilay Gok. (2011). Chinese entrepreneurs. Journal of Chinese Entrepreneurship, Vol. 3 Iss 2 pp. 84 – 111

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

McDaniel, Carl dan Roger Gates. (2015). Marketing Research. United Stated of America: John Wiley & Sons, Inc.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2011). Research Methods for Business. United Kingdom: John Wiley & Sons, Inc.

Bungin, Burhan. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sullivan, Robert, (2000). Entrepreneurial Learning and Mentoring. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research. Vol 6 no 3 pp 160-175

Winardi. (2003). Entrepreneur dan Entrepreneurship. Jakarta: Prenadamedia Group.

Loss, Monica, Bascunan. (2011). Entrepreneurship Development. India: Global Vision Publishing House

Downloads

Published

29-02-2020

How to Cite

Pranatasari, F. D. (2020). ANALISIS PENGARUH ENTREPRENEURIAL MOTIVATION TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI SEORANG WIRAUSAHA. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(1), 26–34. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i1.138

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.