ANALISIS PREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE DAN ARUS KAS

Authors

  • Dwiyani Sudaryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Asia
  • Annisa Dinar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Asia

DOI:

https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.120

Keywords:

liquidity, profitability, financial leverage, cash flow, financial distress

Abstract

Financial distress merupakan pra kondisi sebelum terjadi kebangkrutan, sehingga prediksi akan kondisi tersebut akan membantu perusahaan dalam menentukan kebijakan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan menganalisis rasio keuangan yang bisa digunakan sebagai prediktor kondisi financial distress pada perusahaan.

Populasi penilitian adalah perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yang mendapatkan 15 perusahaan dengan jumlah observasi 60 sampel laporan keuangan. Metode analisis data yang digunakan menggunakan regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio likuiditas, financial leverage, dan arus kas tidak dapat digunakan untuk memprediksi kondisi financial distress pertambangan batu bara yang terdaftar di BEI. Sedangkan rasio profitabilitas dapat digunakan untuk memprediksi kondisi financial distress perusahaan. Implikasi penelitian ini adalah perlunya pengguna laporan keuangan memisahkan kinerja pendanaan dengan kinerja operasional. Penelitian selanjutnya diharapkan mampu menambah variabel penelitian, memperluas periode penelitian, serta menggunakan populasi penelitian yang berbeda agar hasil penelitian dapat digeneralisasikan.

References

Almilia, Luciana S., dan Kristijadi. 2003. Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia. Vol. 7 No. 2 Desember. Hal 183-206.
Bahri, Syaiful. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis (Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS). Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Ekonomi Lesu, 125 Perusahaan Batu Bara Bangkrut, 5000 Orang Kena PHK. 2015. www.nasional.kompas.com
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Penerbit UNDIP, Semarang.
Ghozali, Imam. 2011. Statistik Non Parametrik. Penerbit UNDIP, Semarang.
Hani, Syafrida. 2015. Teknik Analisia Laporan Keuangan. Penerbit Umsu Press, Medan.
Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi (Edisi Revisi). Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Harjanti. 2009. Analisis Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Prediksi Kebangkrutan Bank.
Industri Tambang Global dan Nasional Ada di Ujung tanduk. 2015. www.ekonomi.kompas.com
Jauch, Lawrence R., dan William Glueck. 1995. Strategic Management and Business Policy. Murad dan Henry Sitanggang (Penterjemah). Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Edisi ketiga. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Martono dan Harjito. 2008. Manajemen Keuangan.Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.
Platt Harlan D, Platt Marjorie B. 2002. Predicting Corporate Financial Distress: Reflections on Choice-Based Sample Bias. Journal of Economics and Finance. Vol. 26 No. 2. Hal. 184-197
Srengga, Reva Maymi. 2012. Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.
Widarjo dan Setiawan. 2009. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress Perusahaan Otomotif.
Wilopo. 2001. Prediksi Kebangkrutan Bank. Jurnal RisetAkuntansi Indonesia (Mei). Vol. 4 No. 2. Hal. 184-198.
https://www.sahamok.com/emiten/sektor-bei/
https://www/idx.co.id

Downloads

Published

22-08-2019

How to Cite

Sudaryanti, D., & Dinar, A. (2019). ANALISIS PREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE DAN ARUS KAS. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 101–110. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.120

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.