PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN

Authors

  • Theresia Pradiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Asia

DOI:

https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Keywords:

Digital Marketing, Volume Penjualan, Industri rumahan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat saat ini berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun kecil agar dapat dikenal secara global. Dampak yang paling nyata adalah selain dikenal juga dapat meningkatkan volume penjualan dan profit. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang sangat besar memberikan pengaruh. Dengan menggunakan digital marketing dalam hal ini adalah sosial media, ibu-ibu PKK di RW 02 Randuagung Singosari Malang memasarkan hasil indutri rumahan berupa kerajinan tangan tas dari bungkus minuman instan. Awalnya kegiatan ini hanya sebagai pengisi waktu luang, tetapi saat ini justru menjadi kegiatan utama sebagai penambah perputaran ekonomi dalam rumah tangga. Dahulu kegiatan penjualan hasil industri ini secara konvesional maupun tradisiona, mereka membuat produk hanya berdasarkan pesanan. Tetapi setelah mengenal adanya sosial media ibu-ibu PKK ini sudah mulai menerima banyak pesanan, sehingga volume penjualan semakin meningkat pesat dibandingkan saaat penjualan dengan cara lama. Digital marketing dipandang sebagai media yang paling baik sebagai sarana promosi yang paling efektif dan efisien serta mampu meningkatkan volume penjualan yang signifikan, dari pendapatan perbulan bersih Rp. 1.000.000,- s.d. Rp. 1.500.000,- sekarang bisa mencapai Rp. 2.000.000 s.d. 3.500.000,- (100%).

References

1.Arman Anwar, “ Pengertian Home Industry” (online) (http://ketrampilanhomeindustry.
blogspot.com/2009/07/pengertian-home-industry.html di akses pada tanggal 2 Pebruari 2017.
2.Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2000, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.
3.Justin G. Longenecker, dkk., Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil, 2001,
Salemba Empat, Jakarta.
4.Rayport, Jeffrey F. dan Bernard J.Jaworski, 2003, Introduction To E-Commerce, 2nd Edition, McGraw-Hill, New York.
5.Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2004, Principles of Marketing, 10th Edition, Pearson Education Inc. Upper Saddle River, New Jersey.
6.Kartika H, Bambang. WeChat, Social Messaging dengan Fitur Kaya Multimedia. www.chip.co.id, diakses pada 2 Pebruari 2017.
7.Katawetawaraks, C. & Cheng, L. W. (2011). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business Research, 1 (2), 66–74
8.McLeod, Raymond dan George Schell, 2001, Management Information Systems, 8th Edition, Prentice Hall, Newn Jersey.
9.Rangkuti, F. (2010). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.
10.Jonathan Sarwono , K. Prihartono Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet, 2010, Elex media Komputindo, Jakarta.
11.Safko, Lon and David K.Brake 2009. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success, John Wiley & Sons: New Jersey.
12.Strauss, Judy dan Raymond Frost, 2009, E-Marketing, 5th Edition, Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey.
13.Turban, Efraim, R.Kelly Jr.Rainer dan Richard E.Potter, 2005, Introduction To Information Technology, 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Downloads

Published

17-09-2018

How to Cite

Pradiani, T. (2018). PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.